Rabu, 13 Mei 2015

PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI



PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI
A.Pengertian dan Tujuan Produksi
Produksi adalah  suatu kegiatan yang berhubungan  dengan usaha untuk  menciptakan dan menambah nilai guna  suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Tujuan produksi
Berdasarkan tiga aspek tujuan produksi dapat dilihat dari sisi makro ( luas ) dan mikro ( sempit ).
§  Sisi Makro
Secara makro tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  dalam mencapai kemakmuran  nasional suatu Negara.
§  Sisi Mikro
Secara mikro tujuan produksi meliputi :
1.      Menjaga kesinambungan usaha  perusahaan, lembaga jasa dan rumah industry dengan jalan meningkatkan proses produksi  secara terus menerus.
2.      Meningkatkan keuntungan perusahaan  dengan cara meminimumkan  biaya produksi.
3.      Meningkatkan jumlah dan mutu produksi.
4.       Memenuhi kebutuhan dan kepentingan produsen  serta konsumen.
5.      Memperoleh kepuasan  dari kegiatan  produksi.
Factor –faktor  Produksi
Factor-faktor produksi yaitu :
1.      Sumber Daya Alam ( SDA ).
2.      Tanah .
3.      Air
4.      Udara.
5.      Sinar matahari.
6.      Tumbuh-tumbuhan.
7.      Sumber Daya Manusia (  SDM ).
8.      Sumber Daya Modal.
B. Distribusi 
Pengertian distribusi merupakan  salah satu kegiatan- kegiatan pokok ekonomi kegiatan penyaluran  barabg dan jasa hasil produksi dari produsen pada konsumen disebut distribusi.
·         Saluran distribusi barang dan jasa.
1.      Pedagang.
2.      Perantara khusus.
3.      Pengekspor danpengimpor.
·         Etika ekonomi dalam distribusi barang dan jasa
Distribusi barang dan jasa sangat berguna  untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.Adapun manfaat dari distribusi  antara lain :
ü   Bagi tempat yang kelebihan barang.
ü  Bagi tempat yang kekurangan barang.
C. konsumsi
Kata  konsumsi berasal dari bahasa latin “ consumtion “  yang berarti menggerogoti atau mennghabis.
Konsumsi adalah pemanfaatan semua  barang dan jasa yang bernilai ekonomi untuk memenuhi kebutuhan  hidup yang direncanakan sesuai dengan skala prioritasnya.
Tujuan 
Akibat dialami baik pada barang atau jasa yang akan dikonsumsi  yaitu :
ü  Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap.
ü   Menghabiskan barang guna sekaligus.
ü   Memuaskan kebutuhan jasmani dan rohani .
Fungsi konsumsi
ü  Untuk memenuhi kebutuhan manusia.
ü  Memberikan kesenangan pada manusia.
ü  Indicator untuk mengukur tingkat setatus sosial  manusia.
ü  Menambah atingkat permintaan masyarakat.
ü  Meningkatkan inovasi baru.
Manfaat dan nilai suatu barang
ü  Nilai guna marjinal.
ü  Nilai tukar.
ü  Nilai guna total.
ü  Prinsip konsumen.
Factor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi

ü  Pendapatan.
ü  Harga barang dan jasa.
ü  Kebiasaan konsumen.
ü  Adat istiadat.
ü  Mode barang.
ü  Barang substitusi.
ü  Selera konsumen.
ü   











DAFTAR PUSTAKA

Mankin.2007.Pengantar Ekonomi jilid 1.Jakarta. Erlangga.
Waspodo.Sunahaji. 2003. Pengetahuan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya. Insan Cendika.
Samlawi. Djojo .1992. Pendidkan IPS 1.Depdekbud. Ditjen Dikti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar